Hal Penting yang Harus dilakukan Sebelum Perjalanan Jauh

Gambar
Perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor masih menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. buat itu, sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya kita memperhatikan syarat kesehatan asal sepeda motor yang akan digunakan. Berikut langkah sederhana pengecekan sepeda motor sebelum bepergian jauh.   1. Rem Rem ialah salah satu komponen penting yang membutuhkan perhatian lebih. Bila kampas rem sudah mulai tipis, sebaiknya diganti dengan yg baru. Hal itu bertujuan buat menghindari kecelakaan lalu lintas yang dapat merugikan diri sendiri serta orang lain.   2. Tekanan Angin Ban Periksa tekanan angin serta alurnya. Tekanan angin di ban  motor wajib dipastikan sinkron standarnya. pada umumnya standar tekanan angin buat ban bagian depan adalah 29 psi serta 30 psi buat bagian belakang. tidak hanya tekanan angin, alur di ban jua wajib diperhatikan. Pastikan alur tidak melewati batas Tread Wear Indicator (TWI). Bila ke 2 hal tersebut diabaikan, maka akan terjadi keausan di ban. Bila telah m

Mengenali tanda-tanda "Isyarat" saat Touring


Ketika turing bareng atau sendiri, pengendara memiliki cara sendiri dalam memberikan isyarat, Informasi ini biasanya diberikan langsung oleh pimpinan rombongan atau road captain kemudian diteruskan ke yang lain lewat gerakkan tangan atau kaki. Berikut penjelasan makna dari bahasa tubuh itu.

KODE ISI BENSIN, Tangan menunjuk atau menepuk ke tangki bensin. Kode ini merupakan tanda agar segera atau bersiap mengisi bensin di SPBU terdekat.
MENEPUK KEPALA, Sebagai pimpinan rombongan tentu mengetahui kejadian yang ada di depannya. Termasuk jika ada pemeriksaan kendaraan atau razia. Road captain bisa menginformasikan dengan menepuk kepala.
KODE LAPAR, Perjalanan panjang nggak bisa sembarangan di urusan perut. Perut kosong bikin emosi jadi gampang meledak. Jadi kalau memang sudah waktunya makan, ya jangan diunda lagi. Tanda yang biasa digunakan bisa dengan menepuk tangan ke perut. 
ENGINE START, Memutar jari telunjuk tanda bersiap menyalakan mesin
BERBARIS, Tangan di atas helm isyarat rombongan kudu berbaris.
TELUNJUK DI HELM, Kode ada pemeriksaan atau razia dari kepolisian.
TERUS JALAN, Gerakan tangan ke depan agar rombongan tetap terus bergerak. 

BELOK KIRI, Tanda atau aba-aba dengan menggerakan tangan kiri sambil menunjuk ke kiri. Maksud dari kode ini rombongan harap bersiap-siap untuk belok ke kiri. 
BARIS ZIG-ZAG, Road captain mengangkat tangan sambil mengacungkan jari kelingking dan telunjuk. Maksud dari kode ini ini agar rombongan berbaris dengan posisi zig-zag. Posisi ini memberikan keleluasaan kepada pengendara yang ada di belakang untuk melakukan manuver atau pengereman.
BELOK KANAN, Sama seperti sinyal tangan road captain ketika akan belok kiri. Kebalikannya, pimpinan turing, masih tetap dengan tangan kirinya akan menunjuk ke arah kanan. Sinyal ini menginformasikan kepada seluruh rombongan agar bersiap untuk belok kanan. 

KODE ‘NGEBUT’, Tangan ke atas dengan jari terbuka sambil diayun ke depan. Isarat ini memberikan tanda bahwa pengenda harus lebih mempercepat kendaraan. Captain leader menganggap jalan bisa dilalui dengan kecepatan lebih tinggi.
SILAKAN MENDAHULUI, Tangan kiri di bawah sambil diayun. Ini memberikan sinyal kepada pengendara di belakang silakan untuk melewati pengendara yang berikan kode itu. Biasanya pemberi kode ingin menyampaikan informasi untuk pengendara yang berada paling belakang.
DUA BARIS, Pimpinan turing mengacungkan dua jari. Itu menandakan rombongan turing harus membuat iring-iringan menjadi dua baris. Biasanya kondisi ini dilakukan captain leader saat lalu lintas sepi. Satu jari jika rombongan melewati lalu lintas ramai.

BERJAJAR 1 BARIS, Saat di jalan, road captain, mengacungkan jari telunjuk ke atas. Ini menandakan barisan turing segera berjajar satu per satu. Tindakan sperti ini bisa dilakukan atau disebabkan karena kondisi jalan menyempit atau saat itu jalanan sedang padat.
MENGEPAL TANGAN, Road captain mempertimbangkan aspek keselamatan di jalan. Ketika jalur yang akan dilewati memiliki rintangan, maka road captain akan mengepalkan tangan, agar rombongan berhenti sejenak. Setelah dirasa aman, baru kemudian bergerak maju.
DUA KAKI & TANGAN KIRI TERBUKA, Namanya di jalan ada saja hambata yang dihadapi. Seperti lubang, kerikil bahkan ceceran oli. Untuk menandakan rintangan yang dilalui baik di sisi kiri maupun kanan, road captain akan melebarkan kaki kiri-kanan dan tangan kiri. Hati-hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 cara aman meninggikan shock depan

Meninggika shock belakang New Mega pro dengan aman